Mengenal 5 Jenis Kayu Balak

1080
Mengenal 5 Jenis Kayu Balak

Kayu merupakan hasil dari alam yang telah banyak digunakan oleh manusia sebagai bahan untuk bangunan, furniture, ukiran serta bahan olahan kayu yang lainnya. Kayu juga dihasilkan dari hutan yang begitu luas, nah inilah yang disebut sebagai kayu balak. Kayu balak atau kayu hutan ini terdiri dari berbagai jenis kayu yang cukup banyak dikenal oleh masyarakat dan juga banyak digunakan dalam industri perkayuan. Nah, untuk mengenal lebih jauh mengenai kayu balak, berikut ini 5 jenis kayu balak untuk inspirasi anda.

  1. Kayu mahogani

Mengenal 5 Jenis Kayu Balak

Kayu mahogani merupakan salah satu jenis kayu tropis dan juga banyak dijumpai. Kayu ini memiliki sifat dan karakter yang berbeda dari jenis kayu yang lainnya, karena kayu mahogany sifat dan karakter tersebut ada pada kayu ini sendiri. Kayu mahogani banyak ditemukan di Jawa dikarenakan kayu ini memiliki banyak manfaat bagi masyarakat. Salah satu keuntungan dari kayu ini adalah masa panen kayu yang tergolong cepat, yaitu sekitar 7 sampai dengan 15 tahun. Masa panen yang singkat untuk sebuah kayu sehingga kayu ini juga termasuk jenis kayu yang memiliki banyak penggemar.

Kayu ini memiliki warna teras merah muda, dengan warna gubal kayu yaitu putih. Kayu ini termasuk jenis kayu yang memiliki serat yang lurus dan juga terpadu. Kayu ini juga memiliki tekstur yang halus dengan pori-pori yang kecil. Kayu mahoni termasuk jenis kayu yang baik, namun dilihat dari segi kualitasnya, kayu ini berada dibawah kayu jati.

  1. Kayu meranti
Advertisement

Kayu meranti merupakan jenis kayu yang juga termasuk jenis kayu yang populer karena kayu ini juga banyak digunakan dalam bidang pertukangan. Kayu meranti banyak digunakan sebagai bahan pembuatan kusen, furniture dan juga panel. Kayu meranti juga termasuk jenis kayu yang keras dengan kualitas kayu yang terbilang baik. Kayu meranti yang paling baik berasal dari Kalimantan, sehingga kayu meranti ini sering disebut sebagai kayu Kalimantan. Kayu ini memiliki daya tahan yang baik dengan tekstur kayu yang cukup kasar. Kayu ini banyak digunakan untuk bahan furniture baik untuk indoor maupun untuk outdoor, bahan untuk konstruksi bangunan dan juga untuk bahan pembuatan kertas.

  1. Kayu keruing

Kayu keruing memiliki warna merah kecoklatan dan terkadang ditemukan warna merah terang. Kayu ini termasuk jenis kayu yang populer dengan nilai komersial yang tinggi. Kayu ini memiliki tekstur yang agak kasar dengan arah serat yang lurus, namun apabila permukaan kayu is diraba, maka kayu ini akan sedikit licin. Kayu keruing termasuk jenis kayu yang awet dan tidak mudah lapuk. Kayu ini banyak digunakan untuk bahan bangunan, furniture dan yang lainnya.

  1. Kayu balsa

Mengenal 5 Jenis Kayu Balak

Kayu balsa termasuk jenis kayu yang ringan dan juga lunak, sehingga kayu ini mudah untuk dikerjakan. Kayu balsa termasuk jenis kayu dengan tingkat kekuatan yang baik. Salah satu keunikan dari kayu ini adalah warna yang dihasilkan yaitu putih keabu-abuan. Kayu balsa banyak digunakan untuk kerangka bangunanan. Kunggulan dari kayu ini yang lain adalah mampu atau tahan terhadap goncangan. Sehingga, bagi di negara yang rawan terhadap gempa, kayu balsa banyak memiliki penggemar.

  1. Kayu ramin

Kayu ramin termasuk jenis kayu yang tinggi dengan warna kuning agak putih dan memiliki tekstur yang agak rata serta halus. Kayu ini banyak digunakan untuk berbagai produk kayu lapis, karena sifat kayu ini yang lembut dan mudah dibentuk. Selain itu, kayu ramin juga banyak digunakan sebagai bahan baku untuk ukiran, pintu, jendela, sekat dinding dan yang lainnya.

 

Advertisement
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here