Membuat Meja Kantor Dari Kayu

851
Membuat Meja Kantor Dari Kayu

Di setiap kantor pasti memiliki meja kursi sebagai tempat untuk duduk dan menaruh barang-barang kantor. Meja kantor berfungsi sebagai landasan menulis atau meletakkan komputer untuk mempermudah kita melakukan pekerjaan. Sedangkan kursi berfungsi sebagai tempat duduk untuk mempermudah kita melakukan pekerjaan diatas meja kantor. Meja dan kursi kantor ini tidak bisa dipisahkan keberdaannya. Karena meja dan kursi saling melengkapi dan menghasilkan suatu keberhasilan dari sebuah hubungan.

Kursi kantor ini tentu harus memiliki spesifikasi yang nyaman. Karena berjam-jam kita duduk dan bekerja diatas kursi. Biasanya kursi yang digunakan di kantor adalah kursi dengan menggunakan roda. Jadi kursi tersebut bisa bergeser tanpa kita harus bolak balik jalan. Jika kursi yang digunakan nyaman, produktivitas kinerja juga pasti akan meningkat. Kursi kantor biasanya terbuat dari besi atau plastik tebal seperti yang dijual ditoko-toko meubel.

Membuat Meja Kantor Dari Kayu

Meja kantor ini juga harus memiliki spesifikasi yang kuat dan tahan lama. Karena meja ini akan digunakan sebagai alas untuk menaruh barang-barang penting seperti laptop, komputer, dokumen, dan juga sebagai tempat untuk menulis. Tidak jarang juga para karyawan meletakkan minuman dan makanan untuk bekal selma mereka bekerja.

Advertisement

Jadi memang meja kantor ini harus memiliki spesifikasi yang baik sesuai dengan banyaknya fungsi meja kantor itu sendiri. Bahan baku yang digunakan untuk meja kantor biasanya terbuat dari kayu. Kayu ini bisa menggunakan jenis kayu solid, plywood, MDF atau particel board.

  • Kayu solid, merupakan kayu yang paling kuat diantara jenis kayu lainnya. Karena kayu ini adalah kayu murni yang tidak direkatkan atau tidak ditambahi dengan bahan apapun untuk lapisannya. Harga untuk jenis kayu solid ini juga mahal. Karena kebanyakan kayu yang digunakan dalah kayu jati, kayu sonokeling, kayu merbau dan kayu jenis lainnya. Dari segi keawetan dan kekuatan memang kayu solid ini tidak diragukan lagi. Semakin mahal kayu yang digunakan, semakin kkuat dan awet kualitas kayu tersebut.
  • Kayu plywood, kayu plywood ini sering disebut juga kayu tripleks atau multipleks. Kayu ini cukup populer di kalangan masyarakat. Biasanya kayu ini digunakan untuk pembuatan kitchen set, meja lipat anak, rak, dan masih banyak lagi fungsi lainnya. Untuk harga jenis kayu ini lebih murah dibanding harga kayu solid, namun lebih mahal dibanding dengan kayu olahan lainnya.
  • Kayu MDF, (Medium Destinity Fibreboard) ini dibuat dari serbuk kayu yang halus dan bahan kimia lalu direkatkan menggunakan alat dengan cara dipadatkan dengan suhu dan kekuatan yang tinggi. Kayu ini cukup fleksibel dan mudah untuk dibentuk. Biasanya kayu ini digunakan sebagai furniture yang praktis dan diproduksi oleh pabrik.
  • Kayu particel board, kayu ini dibuat dari sisa limbah kayu seperti serbuk gergajian, potongan-potongan kayu kecil, lalu direkatkan dengan resin menggunakan alat press kemudian dikeringkan. Hasil particel board ini hampir sama dengan kayu MDF, namun kayu ini lebih kasar dan tidak beraturan. Harganya juga sangat terjangkau dibanding kayu jenis lainnya. Namun kayu ini tidak bisa difinishing dengan cat ataupun dicoating.

Kayu seperti particel board ini akan sangat rugi jika tidak difinshing. Finihing untuk kayu ini diperlukan untuk mempercantik tampilan kayu tersebut. Atau kalau memang kayu yang digunakan sudah sangat bagus, tampa finishing pun tidak masalah. Tujuan finishing adalah memberikan lapisan untuk kayu agar kayu tidak mudah tergores, rusak dan memberikan nilai estetika dari kayu terbut. Finsihign kayu ada 2 macam yaitu finsihing kayu natural transpran dan finishing kayu solid. Semua bisa dibuat sesuai dengan selera Anda.

Meja kantor tidak selalu ditempatkan di kantor. Di rumah pun Anda bisa menggunakan meja kantor sebagai tempat Anda melakukan pekerjaan selain di kantor. Jika Anda bosan dengan model meja kantor yang dijual dipasaran, pilihan terbaiknya adalah Anda membuat sendiri meja kantor menggunakan kayu yang kuat dan awet. Anda bisa menggunakan kayu jati. Kayu jati ini memiliki keawetan di kelas I dan II, dan memiliki kekuatan di kelas I dan II. Kayu jati sendiri sudah tahan dengan serangga dan rayap sehingga tidak perlu menambahkan obat anti serangga dan rayap. Meskipun kayu jati ini tergolong keras dan kuat, namun kayu ini mudah dibuat dan dibentuk sehingga disukai para pengrajin untuk dibuat sebagai furniture.

Membuat Meja Kantor Dari Kayu

Dan untuk finishing, kayu jati ini akan cocok jika difinishing menggunakan cat water based natural transparan yang akan memperlihatkan serat dari kayu jati terbeut. Untuk warna bisa Anda pilih sesuai selera. Penggunaan cat water based ini disarankan untuk melindungi lingkungan dan kesehatan Anda dari bahan-bahan berbahaya seperti yang terkandung pada jenis cat solvent based. Cat water based natural transparan bisa Anda beli dengan menyebut merk Biovarnish.

Jika Anda kana melakukan finsihing pada meja kantor Anda, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Siapkan bahan finsihing 1 set cat Biovarnish (Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Clear Coat), peralatan seperti pisau palet, amplas aluminium oxide nomor 240 dan nomor 400, kuas spons, air sebagai pengencer, dan kain bersih.
  2. Langkah pertama, pastikan kayu benar-benar kering lalu campurkan Biovarnish Wood Filler dengan sedikit air, kemudian usapkan menggunakan pisau palet ke seluruh permukaan kayu. Tidak perlu tebal-tebal agar mudah diamplas. Tunggu kering sekitar 40menit lalu diamplas menggunakan amplas nomor 240 sampai permukaan kayu terlihat dan halus.
  3. Kedua, campurkan Biovarnish Wood Stain dan air dengan perbandingan 4 cat : 1 air. Aduk sampai merata, lalu kuaskan ke seluruh permukaan kayu menggunakan kuas spons searah serat kayu. Tunggu sampai kering sekitar 60 menit. Kemudian diamplas ambang menggunakan amplas nomor 400 hingga permukaan kayu halus. Proses pewarnaan ini bisa dilakukan berulang sesuai dengan keinginan. Semakin banyak melakukan proses ini maka warna pada kayu akan semakin gelap.
  4. Terakhir, campurkan Biovarnish Clear Coat dan air dengan perbandingan 4 cat : 1 air, aduk merata. Kemudian kuaskan kembali secara tipis-tipis menggunakan kuas spons searah kayu. Untuk hasil yang benar-benar kering sebaiknya didiamkan semalam sebelum akhirnya digunakan sebagaimana fungsi meja tersebut. Jika sudah kering bisa dilap menggunakan kain bersih tanpa perlu diamplas kembali.
  5. Untuk perawatan sehari-hari Anda bisa membersihkan menggunakan kain bersih setiap hari atau bisa juga menggunakan linseed oil yang akan melindungi kayu Anda dari jamur dan membuat warna cat tidak mudah mudar.

Penggunaan kuas spons untuk cat Biovarnish ini disarankan karena kuas spons lebih mudah dibersihkan dan tidak menimbulkan brush mark seperti yang terjadi jika menggunakan kuas nilon atau kuas bulu. Nah sekarang bagaimana menurut Anda? Hasil dari cat water based Biovarnish ini tentu memuaskan untuk meja kantor Anda. Selamat mencoba.

Advertisement
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here