Kenali Kelebihan Dan Kekurangan Lantai Berbahan Kayu

973
Kenali Kelebihan Dan Kekurangan Lantai Berbahan Kayu

Lantai kayu. Kerap kali kita mendengar lantai berbahan dasar kayu untuk rumah. Lantai kayu sering disebut dengan parket. Penggunaan parket saat ini bahkan menjadi trend, baik untuk rumah ataupun untuk kantor.

Lantai kayu ini memiliki jenis-jenis seperti:

  1. Lantai kayu solid adalah lantai kayu menggunakan bahan berbahan dasar kayu solid seperti kayu jati, ulin, oak,  merbau  atau kayu yang mempunyai kualitas yang tahan lama. Pemasangan lantai kayu solid ini terbilang cukup rumit dan memakan waktu. Karena pemasangannya harus satu persatu sedangkan kayu solid untuk parket hanya berukuran sekitar lebar 5cm, panjang 30-60 cm dan tebal 1,5cm.
  2. Lantai kayu laminated adalah lantai dengan kayu serbuk yang sudah dibentuk menjadi MDF atau berbahan fiber yang dibuat dengan motif serat kayu. Pemasangan ini lebih mudah dan tidak banyak memakan waktu. Karena ukuran kayu parket laminated yang besar dan tidak perlu menggunakan lem, cukup dipasang sesuai ukuran lantai. Jadi sewaktu-waktu Anda bosan, bisa Anda lepas tanpa harus merusak lantai yang ada dibawahnya.
  3. Lantai kayu engineered. Kayu ini perpaduan antara kayu solid dan laminated. Kayu enginereed ini memiliki lapisan bawah menggunakan kayu laminated dan di bagian atasnya menggunakan kayu solid. Pemasangan kayu enginereed untuk lantai bisa menggunakan sistem tempel seperti lantai kayu solid dan laminated, juga bisa dengan sistem floating.

Karakteristik kayu yang akan digunakan untuk lantai selain awet dan tahan lama, tentunya juga harus yang difinishing dengan awet sehingga tidak mudah tergores ataupun terkena serangan jamur. Kita tahu bahwa jamur sering menyeranga pada kayu yang terkenal lembab. Penggunaan kayu untuk lantai sebaiknya dirawat secara baik.

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Berbahan Kayu Untuk Indoor

Adapun kelebihan dan kekurangan lantai kayu adalah:

  1. Kelebihan
  • Kenali Kelebihan Dan Kekurangan Lantai Berbahan KayuMemiliki kesan alami
    pemakaian lantai dari bahan kayu,kesan alami dan natural dalam rumah akan tercipta. Bagi yang menyukai suasana alam,pemakaian lantai kayu ini bisa membuatnya merasa betah berada di dalam rumah. Motif kayu yang beraneka ragam menjadikan kita lebih leluasa dalam memilih motif sesuai dengan desain interior ruangan.
  • Membuat ruangan menjadi hangat
    Lantai kayu akan membuat ruangan menjadi hangat meskipun pada musim dingin atau musim penghujan. Karena sifat dari kayu yang mampu menyimpan panas pada siang hari yang selanjutnya akan digunakan untuk menghangatkan udara pada malam hari.
  • Lantai lebih lunak sehingga aman untuk anak-anak dengan finishing yang aman juga tentunya.
  • Lebih bersih. Kotoran tidak mudah menempel apabila finishing lantai kayu menggunakan bahan cat yang bersifat hevay duty
  • Kedap suara. Lantai kayu lebih kedap suara dibanding dengan lanati keramaik ataupun marmer.
  1. Perlakuan khusus agar tidak Mudah Keropos Kekurangan
  • Lantai kayu yang kurang mendapatkan perlakuan khusus saat akan dipasang terutama penanggulangan terhadap rayap, pasti akan mudah mengalami keropos karena ulah rayap ataupun kelembaban. Kelembapan akan berpengaruh terhadap kayu, kayu menjadi mudah lapuk dan menimbulkan bau yang kurang sedap.
  • Lantai Memuai
    Kekurangan lantai kayu yang lain yaitu sifatnya yang bisa memuai ataupun menyusut saat terjadi perubahan suhu yang drastis. Jika lantai kayu mengalami pemuaian maka akan menjadikan lantai tidak rata dan tidak nyaman.
  • Susah Dibersihkan
    Lantai kayu jika terkena noda dari tinta atau cat, sulit untuk dibersihkan. Karena cairan tinta ataupun cat tersebut akan meresap ke dalam kayu selanjutnya menyatu dengan kayu. Selain itu lantai kayu yang jarang dibersihkan juga bisa menjadi sarang penyakit dan bakteri yang bisa bersembunyi di sela-sela serat kayu.
Advertisement
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here