Ide Kreatif Memanfaatkan Kayu Bekas Untuk Lampu Portable

2181
Ide Kreatif Memanfaatkan Kayu Bekas Untuk Lampu Portable

Memanfaatkan barang bekas menjadi benda atau perabotan yang berguna ternyata sekarang ini banyak dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk meraup keuntungan yang besar. Salah satunya dengan memanfaatkan kayu bekas. Kayu bekas yang tidak terpakai ini dapat dijadikan berbagai bentuk kerajinan tangan, mulai dari kursi, meja, rak dinding, bahkan dapat dijadikan sebagai lampu portable. Tentu saja hal ini terlihat menarik bukan? Kali ini kami akan berbagi tips mengenai memanfaatkan kayu bekas menjadi lampu portable yang menarik dan unik.

http://www.lantaiepoxy.com/ide-kreatif-memanfaatkan-kayu-bekas-untuk-lampu-portable/Membuat lampu portable dari bahan kayu bekas ternyata tidak sesulit yang anda bayangkan? Mengapa demikian? Ya,, disamping anda dapat memanfaatkan kayu bekas yang tidak berguna, dana yang dibutuhkan pun juga terbilang sedikit dan murah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika anda mencoba tips mudah berikut ini.

  1. Siapkan alat dan bahan
  • Kayu bekas, misal kayu palet beberapa potong
  • 1 buah kaleng bekas dengan ukuran kecil
  • Baut dan mur kupu-kupu
  • Paku dengan ukuran sedang
  • Kabel 2 meter, cop 1 buah
  • Saklar 1 buah
  • Lampu dan fitting masing-masing 1 buah
  • Gergaji
  • Mesin bor
  1. Buatlah beberapa potongan kayu dengan ukuran sebagai berikut:
  • 2 batang kayu (25 x 7,5 cm) untuk lengan atas dan lengan bawah
  • 3 batang kayu (10 x 7,5 cm) untuk pemegang lengan dan 1untuk pemegang lampu atas
  • I batang kayu (15 x 25 cm) untuk bagian dasar

Untuk bagian dasar dari lampu agar terlihat menarik, dapat dibentuk menjadi kotak atau bulat sesuai dengan selera anda, dengan ukuran yang lebih lebar agar lampu nantinya seimbang dan tidak mudah untuk terjatuh

  1. Buatlah sambungan dan pelubangan

Pertama, buatlah lubang pada masin-masing ujung kayu untuk diikatkan dengan baut. Gunakan bor listrik agar lebih muemudahkan anda serta lebih cepat. Ambil kaleng bekas yang sudah disiapkan, kemudian lubangi pula pada bagian samping kaleng untuk diikatkan dengan baut pada bagian pemegangnya.

  1. Tahap akhir
Advertisement

Gunakan baur dan juga mur kupu-kupu untuk melonggarkan pada bagian posisi lengan lampu, sehingga anda akan dengan mudah mengencangkan dan juga mengendorkan sesuai dengan kebutuhan anda.

Selanjutnya, pasangkanlah kabel dan fitting lampu kedalam kaleng yang sudah anda lubangi tadi. Lampu tetap tidak akan terlihat keluar, jadi yang terlihat hanya sorot cahaya lampu sehingga lampu yang anda buat ini akan tampak lebih menarik dan juga rapi.

http://www.lantaiepoxy.com/ide-kreatif-memanfaatkan-kayu-bekas-untuk-lampu-portable/

Nah, lampu portable anda sudah jadi. Tempatkan pada meja belajar atau pada tempat yang lainnya yang anda kehendaki. Agar lampu portable anda lebih cantil dan menarik, maka anda juga dapat memberikan sentuhan cat yang sesuai dengan tema ruangan anda.

Pilih cat dengan warna yang menarik atau sesuai dengan keinginan anda. Pastikan anda memilih cat dengan kualitas yang bagus agar warna yang keluar lebih menarik dan sesuai dengan harapan anda. Pilih jenis cat yang ramah lingkungan serta tidak menimbulkan efek bagi kesehatan anda dan juga keluarga anda.

Cat yang aman adalah cat dengan bahan pelarut air. Cat ini mudah untuk anda dapatkan pada agen ataupun melalui online, sehingga anda akan dengan mudah untuk memilihnya. Amplas terlebih dahulu bagian kayu dari lampu agar kayu lebih halus dan rata sehingga hasil pengecatan akan lebih sempurna. Lakukan pengecatan tipis tapi merata dan kemudian diulang lagi aplikasinya agar hasil yang didapatkan maksimal.

 

Advertisement
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here