Finishing Kusen Sendiri Menggunakan Cat Water Based

    835
    Finishing Kusen Sendiri Menggunakan Cat Water Based

    Finishing merupakan proses akhir dari sebuah pekerjaan furniture. Proses finishing yang tepat serta pemilihan cat yang tepat akan mempengaruhi hasil dari finishing pada kayu atau yang lainnya. Apakah dapat menggunakan cat water based untuk melakukan finishing pada kusen? Apakah hal tersebut mudah dan dapat dilakukan sendiri?

    Finishing Kusen Sendiri Menggunakan Cat Water Based

    Tidak usah khawatir, karena hal tersebut tentu saja mudah, murah, serta dapat anda lakukan sendiri. Berikut ini cata mudah finishing kusen dengan menggunakan cat water based tanpa menyewa jasa dari orang lain.

    1. Siapkan alat dan bahan

    Sebelum memulai proses finishing, maka siapkan alat dan bahan yang akan anda butuhkan diantaranya adalah kusen, amplas, cat dasar, cat water based, kuas, wadah, masker. Pilih cat dasar dengan bahan pelarut air dengan kualitas yang bagus begitu pula dengan cat akhirnya. Pilih cat dengan kualitas yang baik agar hasilnya lebih tahan lama serta tidak mudah termakan pleh teter atau rayap. Selain itu, cat yang berkualitas akan lebih tahan terhadap cuaca karena memberikan perlindungan yang lebih pada kusen anda.

    Advertisement

     

    1. Amplas kusen

    Ambil amplas kemudian gosokkan pada seluruh bagian dari kusen sampai tidak ada bagian yang tertinggal. Pastikan semua bagian kusen anda telah anda amplas sampai halus dan juga rata. Pengamplasan ini merupakan proses yang cukup penting karena akan menghasilkan cat yang lebih sempurna serta mulus. Anda dapat menggunakan mesin amplas jika diperlukan. Namun, jika kusen yang ingin anda finishing berjumlah sedikit, anda dapat melakukannya secata manual dengan cara menggosokannya langsung pada kusen anda. Ambil kain lap, dan lap semua area kusen anda agar tidak ada debu yang menempel.

    1. Siapkan cat dasar

    Apabila kusen sudah halus dan rata, siapkan wadah untuk mengencerkan cat dasar. Gunakan cat dasar dengan bahan pelarut air pula. Cat dasar ini biasanya berwarna naturla sehingga akan lebih mudah jika anda gunakan pada kusen anda. Siapkan kuas, oleskan cat dasar kesemua bagian dari kusen sampai merata. Pastikan kembali bahwa tidak ada bagian yang terlewat.

    1. Amplas kusen kembali

    Setelah cat dasar mengering, maka pengamplasan yang kedua dapat anda mulai. Ambil amplas kemudian gosokkan pada seluruh bagian kusen sampai halus dan rata. Lap debu atau kotoran yang menempel sisa dari pengamplasan yang kedua.

    1. Gunakan cat water based

    Finishing Kusen Sendiri Menggunakan Cat Water Based

    Langkah terakhir adalah mengaplikasikan cat water based pada kusen anda. Ambil kuas dan oleskan pada seluruh bagian dari kusen sampai semuanya halus dan rata dengan cat water based anda. Tunggu sampai cat mengering.

    Untuk hasil yang lebih sempurna pada proses finishing ini, maka anda dapat melakukan pengecatan ketika cuaca sedang panas jadi cat akan lebih mudah mengering. Selain itu, anda juga harus memperhatikan dimana anda melakukan proses finishing ini. Apabila anda melakukan proses finishing pada kusen yang ada di dalam rumah, maka pastikan anda memberikan pelapis pada bagian lantai anda dengan menggunakan koran bekas atau plastik bekas agar tidak ada bagian cat yang menempel pada lantai anda. Baca petunjuk penggunaan pada label cat yang anda gunakan. Simak tips mudah lainnya dan terima kasih.

    Advertisement
    SHARE

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here