Cara Aplikasi Dempul Pada Furniture

1226

Bahan furniture tidak jarang mengalami cacat kayu karena beberapa faktor, untuk mengatasinya maka diperlukan dempul. Cara aplikasi dempul yang tepat lebih menghasilkan tampilan yang bagus.

Furniture dengan bahan kayu tidak jarang mengalami cacat karena beberapa faktor diantaranya karena proses alami kayu tersebut dan selama proses produksi. Cacat pada kayu biasanya tidak terlalu besar sehingga mudah untuk disamarkan. Bahan yang digunakan untuk menyamarkan cacat kayu adalah dempul

Cara aplikasi dempul dengan langkah yang tepat akan memberikan hasil yang maksimal karena cacat pada kayu akan tersamarkan dengan maksimal.

Cara Aplikasi Dempul Pada Furniture Kayu

Kayu untuk bahan finishing sering mengalami cacat seperti berlubang atau retak. Lubang atau retak ini biasanya bisa disebabkan oleh proses alami kayu dan yang paling terlihat adalah bagian mata kayu. Bisa saja terlihat dibagian lain yang disebabkan oleh hewan liar, selain itu juga bisa diakibatkan selama proses produksi yaitu bekas paku atau bor.

Advertisement

Cara aplikasi dempul dengan langkah yang benar dapat memberikan tampilan furniture lebih menarik. Dempul kayu tidak hanya digunakan untuk menyamarkan cacat kayu saja melainkan juga bisa digunakan untuk menutup pori-pori kayu yang membuat kayu lebih mudah di proses finishing. Sebelum melangkah lebih jauh ke dalam tahap finishing, sebaiknya mengetahui bahan finishing yang akan digunakan terlebih dahulu. Sebab, tidak semua bahan finishing kayu berkualitas baik dan aman digunakan. Bahan finishing yang berbahaya digunakan biasanya memiliki kandungan bahan kimia berbahaya dan VOC yang tinggi yang dapat mengganggu kesehatan dan lingkungan sekitar.

Sedangkan bahan finishing yang aman untuk digunakan adalah bahan finishing yang menggunakan bahan dasar air. Bahan finishing tersebut tidak menggunakan bahan kimia berbahaya dan cenderung rendah VOC. Salah satu bahan finishing yang sudah dijamin aman adalah Biovarnish. Biovarnish sendiri terdiri dari varian yang lengkap diantaranya basecoat (dempul), coating, dan topcoat. Dempul yang bagus digunakan untuk furniture dengan tampilan natural kayu adalah Biovarnish Wood Filler.

Berikut cara aplikasi dempul Biovarnish pada furniture kayu:

  1. Ampelas terlebih dahulu permukaan kayu agar lebih rata dan mudah untuk diaplikasikan dempul atau finishing selanjutnya
  2. Lihat tujuan penggunaan dempul, jika digunakan untuk menyamarkan cacat kayu maka Anda hanya perlu memberikan dempul pada bagian yang cacat. Sedangkan untuk menyamarkan pori-pori maka aplikasikan dempul ke seluruh permukaan kayu. Kemudian tunggu hingga mengering kurang lebih 20 menit.
  3. Setelah kering, maka ampelas permukaan kayu tersebut menggunakan kertas ampelas no.240.

Biovarnish sangat aman dan ramah lingkungan karena bahan-bahan yang digunakan telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan internasional seperti regulasi US Enviromental Protection Agency dan European Chemical Agency. Dempul tersebut tidak menimbulkan bau yang menyengat dan tidak beracun sehingga lebih nyaman ketika digunakan.

Cara aplikasi dempul kayu diatas bisa menjadi sebuah rujukan Anda dalam engaplikasikan dempul yang tepat pada furniture. Pastikan Anda memilih bahan finishing yang aman dan ramah lingkungan guna kesehatan dan lingkungan sekitar Anda. Untuk informasi dan pemesanan Biovarnish, silahkan menghubungi kontak berikut via phone maupun WhatsApp  ke no. 0879 3934 6433 atau 0822 2026 5056

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here