Cara Aplikasi Dempul Kayu Yang Benar dan Tepat

1883

Kadangkala dempul kayu akan mudah mengelupas karena beberapa faktor diantaranya adalah bahannya yang berkualitas rendah atau cara aplikasinya yang kurang tepat.

Kayu sangat sering digunakan untuk bahan baku bangunan atau furniture karena dikenal dengan teksturnya yang kuat, tahan lama dan memiliki serat yang berbeda dari bahan baku lainnya. namun, tidak jarang pula kita melihat terdapat beberapa bagian yang rusak.

Faktor penyebab kayu terdapat beberapa bagian yang rusak adalah faktor usia, hewan liar seperti burung pelatuk atau bahkan selama proses produksi. Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu dempul kayu untuk menyamarkan bekas cacat tersebut.

Cara Aplikasi Dempul Kayu Yang Benar

Dempul kayu sebenarnya tidak hanya digunakan untuk menyamarkan cacat pada kayu saja melainkan juga digunakan untuk mengisi pori-pori kayu sehingga mempermudah proses finishing selanjutnya. Biasanya dempul ini digunakan pada kayu-kayu yang memiliki pori-por i atau serat kayu yang besar dan jelas seperti kayu mangga, glugu dll.

Advertisement

Karena jenis kayu yang memiliki pori-pori yang sangat jelas kadangkala terdapat beberapa pelaku finishing yang kurang memperhatikan cara aplikasi dempul  yang tepat. Adapun cara aplikasi dempul sebagai berikut:

  1. Pastikan kayu yang digunakan sudah rata dan bersih, jika belum sebaiknya ampelas menggunakan kertas ampelas no. 240 hingga dirasa kayu sudah rata dan bersih dari segala kotoran.
  2. Pilih dempul kemudian larutkan sesuai dengan kekentalan yang diinginkan kemudian aduk hingga homogen.
  3. Aplikasikan dempul tersebut menggunakan pisau palet ke seluruh permukaan searah dengan serat kayu.
  4. Setelah kering kemudian ampelas kembali menggunakan kertas ampelas no. 240.

Dempul Yang Ramah Lingkungan

Tidak semua dempul kayu yang ada dipasaran aman dan ramah lingkungan sebab terdapat beberapa yang masih menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya. Alangkah baiknya menggunakan dempul yang menggunakan bahan water based. Walaupun masih asing di Indonesia namun penggunaan bahan water based telah digunakan di luar negeri sejak belasan atau puluhan tahun yang lalu. Sebab, bahan water based lebih aman dan tidak mengandung bahan-bahan yang membahayakan kesehatan atau lingkungan.

Salah satu dempul yang sangat aman dan telah dipercaya adalah Biovarnish Wood Filler. Dempul ini bahkan telah masuk ke pasar internasional karena sudah dijamin aman. Produk finishing yang lolos ke pasar internasional tentu sudah melalui tahap-tahap yang ketat diantaranya adalah standar keamanan bahan kimia dan kandungan VOC yang sesuai dengan regulasi US Enviromental Protection Agency dan European Chemical Agency. Sehingga dempul water based ini sudah dijamin aman, tidak beracun bahkan tidak menimbulkan bau menyengat.

Setelah menggunakan dempul kayu yang berbahan water based maka akan jauh lebih bagus dan hasilnya akan lebih maksimal jika menggunakan produk finishing water based lainnya. Biovarnish memiliki produk finishing yang lengkap mulai dari dempul, colouring hingga top coat. Tidak ada salahnya jika Anda menggunakan produk lengkap ini untuk hasil finishing lebih optimal. Bahkan tampilannya lebih maksimal dan warna kayu terlihat lebih kuat jika menggunakan varian Biovarnish ini.

Bingung dimana harus mendapatkan produk ini? Cukup dengan menghubungi kontak berikut via phone maupun WhatsApp  ke no. 0879 3934 6433 atau 0822 2026 5056. Jangan sampai mengabaikan keamanan kesehatan Anda sebelum terlambat, gunakan sejak dini produk-produk yang aman digunakan untuk menghindari dampak buruk dari cat berbahan kimia yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan lingkungan.

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here